Ramadhan, Waktunya NgeGas Ibadah dan NgeRem Nafsu

Madu 2021-04-12 Ahmad Muzammil


Ibadah itu ada 4 kanal: perbuatan atau gerak badan (badaniyah), ucapan atau nyuangkem (qauliyah), gerak pikiran (akliyah) dan rasa atau gerak batin (qalbiyah). Begitu juga dengan bermaksiat kepada Nya.

Merasa senang dan gembira karena akan tiba bulan Ramadlan, termasuk kanal yang keempat. Dengan hati senang, semua nya akan terasa ringan dan indah. (Semoga Ramadlan kali ini terasa Indah dihati kita semua, pen.)

Dengan hati berbunga bunga itu, mari kita ngegas menuntut ilmu.

Salah satu yang sangat diperlukan oleh kita, adalah memperluas pemikiran dengan mengenali perbedaan pendapat para ulama' agar kita tidak selalu terjebak pada jebakan jebakan mempertentangkan sesuatu yang sebenarnya biasa biasa saja. Kita perlu membiasakan berbeda dengan mengaji perbedaan pendapat. 

Untuk itu, selama Ramadlan, insyaAllah akan dimulai malam selasa nanti (malam ini, 12/4, red.), penulis akan mengaji fiqh empat madzhab setiap selesai tarawih. Anda bisa mengikuti melalui FaceBook (https://www.facebook.com/ahmad.muzammil.14473), YouTube Channel “AR 97 GROUP” atau datang langsung kemari sambil berdiskusi dan ngopi.

Menjelang duhur, insyaAllah akan tetap mengaji tafsir Al Jawahir dan mengaji Al Hikam menjelang berbuka puasa.

Dengan hati senang, mari kita ngegas ibadah. Jangan lupa ngerem nafsu.

Selamat memasuki bulan suci Ramadlan

 

#marhabanyaaramadlan

#semutkhitthahnu

#skhnu

Editor: Fahmi