HAUL MAJEMUK KELUARGA BESAR PONPES SUKOREJO 2020 (I)

Lingkar 2020-01-13 Joenoes Bachtiar


Rangkaian kegiatan Haul Majemuk yang telah berlangsung sejak tanggal 2 Januari 2020 di ponpes sukorejo telah memasuki puncak acara. Selanjutnya acara yang telah  ditunggu bersama oleh para alumni, masyarakat serta para santri beserta keluarga adalah Haul Majemuk masyayikh beserta keluarga besar Ponpes Sukorejo.

 

Pengasuh Ponpes Sukorejo, Kyai Haji Raden Achmad Azaim Ibrahimy telah menetapkan tiga pengurus untuk menjadi panitia inti pada haul majemuk tahun 2020.

 

Ketua panitia ialah Lora Haji Muhammad Aso Syamsuddin Rusdi, sekretaris panitia ialah Drs. Haji Rojil Ghufron, sedangkan panitia yang menjadi bendahara Lora Muhammad Halil.

 

Haul majemuk di Sukorejo Situbondo memang merupakan tradisi tahunan. Masyarakat, para alumni beserta para santri diajak berpartisipasi sebagai dukungan dan wujud kecintaan kita kepada pahlawan nasional dan leluhur lebih-lebih ulama terdahulu yakni pembawa risalah Rasulullah.

 

Awal didirikannya pesantren Sukorejo yang posisinya ada disebelah timur kota situbondo ini bahwa dahulu adalah merupakan hutan belantara. Kemudian diubah menjadi sebuah tempat untuk mencari dan memperdalam ilmu.

 

Dikutip dari berbagai sumber sejarah. Dahulu Kiai Syamsul Arifin bersama putranya, As’ad dan beberapa orang santri yang menyertai dari Madura berhijrah ke tanah jawa, pada tahun 1328 H / 1908 M, membabat dan merambah hutan dusun Sukorejo desa Sumberejo kecamatan Banyuputih kabupaten Situbondo untuk didirikan sebuah pesantren dan perkampungan.

 

Sejak tahun 1914, pesantren berkembang bersamaan dengan datangnya para santri dari wilayah sekitar Karesidenan Besuki. Tahun itu pula kemudian ditetapkan sebagai tahun berdirinya Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah.

 

Pada masa perjuangan kemerdekaan, Pesantren Sukorejo tidak hanya menjadi pusat belajar, tapi juga sebagai pusat perjuangan para pejuang kemerdekaan. 

 

Halaman selanjutnya> 

 

Ditulis oleh :

Joenoes Bachtiar untuk SKHNU

Sukorejo, Senin 13 Januari 2020